Minggu, 09 Oktober 2011

SUHU SEBAGAI FAKTOR PEMBATAS

Suhu merupakan faktor lingkungan yang dapat berperan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisme hidup. Berperan langsung hampir pada setiap fungsi dari tumbuhan dengan mengontrol laju proses – proses kimia dalam tumbuhan tersebut, sedangkan peran tidak langsung dengan mempengaruhi faktor – faktor lainnya terutama suplai air. Suhu akan mempengaruhi laju evaporasi dan menyebabkan tidak saja keefektifan hujan tetapi juga laju kehilangan air dari organisme hidup.

RIVIEW TENTANG VIDIO
Sekelompok ilmuwan kelautan dan ahli ekologi bertemu di London, untuk menyusun laporan tentang kondisi lautan di bumi bahwa terdapat bahaya yang dihadapi spesies laut dan lingkungannya. Para ilmuwan berkata, faktor penyebab kepunahan spesies laut dimasa lalu, sekarang terjadi lagi. Mereka disebut "trio mematikan": karena kurangnya oksigen, naiknya suhu laut dan pengasaman laut. Dan mengakibatkan beberapa terumbu karang telah hancur sebagai akibatnya.
Bahwa [Professor Jelle Bijma, Institut Alfred Wegener]:mengatakan "Akibat dari laut yang, katakanlah, "sudah layu", dimana karbon dan mahluk organik berkumpul, ini akan diambil atau dimakan oleh bakteri yang mengkonsumsi oksigen. Jika anda tidak merawat laut sering-sering, ia akan menjadi zona mati."  Profesor Kelautan Chris Reid mengatakan perubahan laut saat ini tengah berlangsung cepat. [Chris Reid, Profesor, Institut Kelautan, Universitas Plymouth]:
"Perubahan yang kita lihat saat ini berlangsung sangat cepat. Tingkat kadar keasaman yang kita lihat di lautan saat ini, belum pernah kita alami selama 55 juta tahun."

SUMBER
http://biology093b.wordpress.com/2010/10/10/suhu-sebagai-faktor-pembatas/
http://www.youtube.com/watch?v=19gbzaYhNFM

2 komentar:

  1. yang kita bicarakan sekarang mengenai ekologi tumbuhan jadi prbincangan kita ya mengarah pda bagaimana pengaruh dari faktor pembatas sperti suhu yang anda sebutkan itu terhadap pertumbuhan dari suatu tumbuhan itu,,,jangan terlalu jauh mengarah pada hewan-hewan laut lah???

    BalasHapus
  2. temen sebenarnya faktor pembatas itu sangat lah luas makananhya,,,,tpi yg di hususkan pada pd MK nhi faktor pembatas tumbuhan pa lingkungannya....

    BalasHapus